Sunday 24 April 2011

MASALAH PERHITUNGAN PDB

Beberapa hal penting dala perekonomian :
1.Besarnya output nasional merupakan gambaran awal tentang seberapa efisien sumber daya yang ada dalam perekonomian. Secara umum, makin besar pendapatan nasional suatu negara, semakin baik efesiensi alokasi sumber daya ekonominya.
2.Besarnya output nasional merupakan gambaran awal tentang produktifitas dan tingkat kemakmuran suatu negara. Nilai output per kapita diperoleh dengan cara membagi besarnya output nasional dengan jumlah penduduk pada tahun yang bersangkutan. Jika output perkapita semakin besar, tingkat kemakmuran dianggap semakin tinggi.Sementara produktivitas rata-rata adalah output per tenaga kerja. makin besar angkanya, makin tinggi produktifitas tenaga kerja.
3.Besarnya output nasional merupakan gambaran awal tentang masalah-masalah struktural (mendasar) yang dihadapi suatu perekonomian. Jika sebagian besar output nasional dinikmati oleh sebagian kecil penduduk, maka perekonomian tersebut mempunyai masalah dengan distribusi pendapatannya. perekonomian harus segera memoderenisasikan diri, dengan memperkuat industrinya, agar ada keseimbangan kontrbusi antara sektor pertanian yang dianggap sebagai sektor ekonomi tradisional dengan sektor industri yang dianggap sebagai sektor ekonomi moderen.

0 comments:

Post a Comment